Selasa, 05 Juni 2012

RPP PLPG SERTIFIKASI


SILABUS

Sekolah                         :      SDN Cimanggu 05
Mata Pelajaran              :      Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester           :      IV / 1
Standar Kompetensi     :      2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
2.3 Menje-laskan hudaunn antara struktur daun dan fungsinya
Daun dan fungsinya
·         Mengamati  bagian-bagian Daun
·         Mencari informasi tentang fungsi bagian-bagian daun
·         Diskusi tentang bagian-bagian daun
·         Presentasi dan pembahasan hasil diskusi
·       Menyebutkan bagian bagian daun
·       Menjelaskan fungsi bagian-bagian daun
Tes : Tertulis Lisan

Non Tes : Observasi
 1 x 30 menit
·    Daun
·    Gambar Bagian-bagian daun
·    Buku Materi tentang Daun


Mengetahui,
Kepala Sekolah




..............................................
NIP. .....................................
Purwokerto,        September 2011
Peserta PLPG




..........................................
No Pesrt : ...............................
No Abs   : ..................





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Cimanggu 05
Mata Pelajaran              :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester              :   IV/1
Alokasi waktu               :   30 menit

A.    Standar Kompetensi       :
1.      Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

B.     Kompetensi Dasar
2.3  Menjelaskan hubungan antara struktur daun dengan fungsinya

C.    Indikator
1.   Indikator Kognitif
a)    Menyebutkan bagian-bagian daun
b)   Menjelaskan fungsi bagian-bagian daun

2.      Proses Kinerja ( Psikomotor )
Menggambar bagian-bagian daun

3.      Indikator Apektif
Melalui kegiatan pengamatan dan diskusi tentang bagian-bagian daun dan fungsinya, siswa dilatih memiliki kerjasama yang tinggi untuk mencari informasi tentang daun dan bagian-bagiannya.

D.    Tujuan Pembelajaran

Kognitif :
Melalui proses pengamatan dan penjelasan guru siswa mempu menyebutkan bagian-bagian daun dan menjelaskan fungsi bagian-bagian daun.

Proses ( Kinerja / Psikomotor ) :
Dengan melihat gambar daun, siswa dapat menggambar bagian-bagian daun

Apektif :
Dengan terlibat langsung dalam diskusi kelompok, siswa dapat berkomunikasi dengan benar guna melakukan presentasi, mengemukakan pendapat, bertanya yang berkaitan dengan bagian-bagian daun dan fungsinya. 

E.     Materi Ajar / Bahan Ajar

Struktur daun dan Fungsinya
1.      Struktur Daun
2.      Fungsi Daun

F.     Metode Pembelajaran
Pendekatan           : Cooperatif Learning
Metode                  : Diskusi, Presentasi, Tanya Jawab, Penugasan dan ceramah
G.    Langkah-Langkah Pembelajaran

1.      Kegiatan Pendahuluan :
·           Mengucapkan salam
·           Berdoa bersama siswa
·           Mengabsen siswa
·           Orientasi : Memusatkan perhatian anak pada materi yang akan dibelajarkan dengan cara mengulang materi yang telah lalu dan memberi pertanyaan yang berkaitan dengan bagian bagian tumbuhan khususnya daun

2.      Kegiatan Inti

Eksplorasi :
·           Menjelaskan Daun dan menyebutkan bagian-bagiannya
·           Menyebutkan jenis-jenis daun
·           Menjelaskan Fungsi bagian-bagian daun

Elaborasi :
·           Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi untuk memunculkan ide gagasan baru baik secara lisan maupun tulis
·           Memfasilitasi anak untuk membuat laporan yang dilakukan oleh anak baik secara lisan maupun tulis
·           Membahas hasil diskusi siswa dan melengkapi jawaban tiap-tiap kelompok
·           Member kesempatan untuk berpikir, menyelesaikan tugas dan bertindak tanpa rasa takut

Konfirmasi :
·           Guru bertanya kepada siswa tentang hal-hal yang belum jelas
·           Guru bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan dan kesimpulan

3.      Kegiatan Penutup
·           Menyimpulkan penjelasan materi
·           Memberikan tugas pekerjaan rumah

H.    Media dan Sumber Pembelajaran

1.      Gambar Daun
2.      Daun
3.      Budi Wahyono dan Setyo Nurachmandani, Th. 2008, Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas IV, Klaten. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

I.       Penilaian:

Jenis dan Bentuk dan Instrumen Penilaian
1.      Jenis Tes          : Tertulis
2.      Bentuk Tes      : Pilihan
3.      Instrumen        :
a)         Kisi-kisi                ( Terlampir )
b)        LKS                     ( Terlampir )
c)         Soal Tes                ( Terlampir )
d)        Kunci Jawaban     ( Terlampir )
Pedoman Pengamatan
Untuk mendapatkan RPP yang lebih lengkap klik di www.ilmupendidikan.com

0 komentar:

Poskan Komentar